Finishing HPL dan Cat Duco mana yang lebih baik

Finishing HPL dan Cat duco mana yang lebih baik? kalian bingung mencari finsihing mana yang terbaik untuk kitchenset dapur dirumah kalian, antara HPl dan Cat Duco mungkin bagi beberapa orang mereka sudah bisa menentukan dari awal finishing untuk kitchenset dapur mereka tapi ada beberapa orang yang mempertanyakan apa sih kelebihan antara 2 finishing tersebut?

so jadi kali ini mimin akan kasi tau kelebihan dan kekurangan antara kedua finishing tersebut yuk simak!:

Finishing Cat Duco

cat duco delikitchenset

Cat duco adalah jenis cat yang menggunakan teknik spray pada furniture rumah anda. Biasanya cat yang satu ini digunakan untuk furniture berbahan kayu seperti kursi, meja, dan lemari. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, cat duco mulai digunakan untuk finishing pintu, jendela, dinding, bahkan kitchenset yang terbuat dari kayu ataupun besi sekalipun.

berikut penjelasan spesifik tentang cat duco

1. Bahan Pembuatan Cat Duco

bahan untuk membuat cat duco adalah nitrocellulose (NC) yang bisa kita temukan juga pada cat khusus mobil dan mesin industri. Seiring berkembangnya zaman, saat ini merek-merek cat duco dibuat dengan solvent based dan water based.

Cat water based ini memiliki kelebihan bahkan untuk ketahanan yang lebih baik, Anda bisa memilih cat yang didesain dapat digunakan pada furnitur atau meterial dalam ruangan atau luar ruangan Hasil akhir dari cat duco dengan bahan water based ini tidak kalah cantik dengan hasil akhir dari cat minyak.

Warna pada permukaan yang dicat akan terlihat lebih cerah dan menarik. Cat duco yang water based ini juga disebut-sebut ramah lingkungan. jadi sangat cocok untuk interior dapur yang biasa digunakan untuk mengolah makanan

2. Bisa Mix Warna

kelebihan cat duco juga dengan bisanya mencampur warna satu dengan yang lainya ini merupakan kabar baik bagi kalian yang tidak ingin menambah biaya untuk membeli cat dengan warna baru lagi.

Baca juga : kitchenset berbahan acp ternyata banyak kelebihanya

3.Cara Menggunakan Cat Cuco

Jika cat lainnya diaplikasikan menggunakan kuas, maka cat duco harus menggunakan alat semprot. Alat semprotnya tidak boleh yang memiliki tekanan keras atau pun terlalu pelan. Jarak yang paling tepat untuk menyemprotkan cat duco ini adalah 30 cm dari permukaan benda yang akan disemprot. Dengan demikian hasil cat akan menjadi halus dan menutup permukaan dengan sempurna.

Penggunaan spray system tentu saja berbeda yaitu tidak akan menimbulkah bubble, sagging, atau menimbulkan berbagai macam kerusakan lain yang bisa Anda temukan pada cat duco pelarut solvent.

Proses aplikasi yang tidak membutuhkan panas matahari ini akan cepat kering ketika Anda hanya mendiamkan material yang telah dicat pada ruangan bersih bebas debu dan memiliki ventilasi udara yang baik. Ketika Anda akan mengalikasikannya ikuti beberapa langkah mudah berikut ini:

4. Bebas Pilih Finishing

Hasil akhir dari penggunaan cat duco ini bisa disesuaikan dengan keinginan kalian. Cat duco ini bisa dibuat mengkilap ataupun doff. Untuk hasil akhir cat duco yang mengkilap, kamu bisa memberi lapisan berupa glossy clear coat. Sedangkan untuk hasil akhir cat duco yang doff, kamu bisa memberi lapisan berupa doff clear coat. memang paling cocok deh cat duco untuk kamu yang banyak idenya.

5. Kelemahan Cat Duco

Di antara sekian banyak keunggulan yang dimiliki cat duco, ia tetap memiliki kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan sebelum mengaplikasikannya pada furniture rumah.

Pertama adalah pengerjaan menggunakan cat duco membutuhkan waktu yang lebih lama karena ada banyak proses yang harus dilakukan terlebih dahulu. Pada saat menyemprotkannya juga harus berulang-ulang kali dengan tipis-tipis agar seluruh permukaan bisa tertutup dengan sempurna.

FINISHING HPL (HIGH PRESSURE LAMINATES)

kitchenset hpl

Keunggulan Dari HPL

tidak ada yang namanya sambungan, retak, melengkung, pecah rambut, lobang2 dan cacat kayu lainnya. karena semua permukaan yang tertutup sempurna.

Relatif murah dan cepat pengerjaannya, HPL hanya bisa ditempel pada permukaan yang rata . jadi rata2 pengerjaannya mudah tinggal potong2, rakit tempel dan jadi. beda dengan Veneer yang sangat njlimet prosesnya.

bahan hpl dan kegunaanya inilah yang membuat banyak dipakai khalayak umum untuk desain interior rumah mereka, selain dengan ketahananya yang lama harganya pun terjangkau

Kelemahannya

Menurut kami, yang punya background “agak fanatik” sama mebel kayu solid, Tampak akhir dari bahan hpl yang keliatan plastiky dan juga hanya bisa di gunakan pada bidang lurus sahaja.

Jadi kesimpulannya, kenapa anda mau pakai HPL ? karna HPL ada banyak dan beragam pilihan corak dan warnanya jadi cocok bagi anda yang ingin mendekorasi rumah dengan minimalis.Jadi kalian sudah bisa memilih nih mana bahan yang bagus untuk ditempel di inetrior rumah kalian delikitchen menyediakan layanan free konsultasi untuk masalah interior kalian jadi tunggu apa lagi hubungi sekarang!!

Nah sekarang kalian sudah tau apa saja kelebihan dan kelemahan dari masing masing finishing tersebut, jadi udah tau belom kalian mau pake finishing apa buat dapur kitchenset kalian nanti? tulis komen dibawah ya jangan lupa buat tanyakan juga model dapur impian kalian ke mimin karena di deli kitchen free konsultasi kok sehingga kalian tidak usah khawatir modelnya langsung tanyakan ke kita pasti kita bantu untuk mewujudkan impian dapur kamu yukkkk hubungi sekarang!!!

1 komentar untuk “Finishing HPL dan Cat Duco mana yang lebih baik?”

  1. Pingback: Bedanya Hpl Dan Duco Untuk Desain Kitchen Set -

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.